UNIT-UNIT

Mitra / Kerjasama

Login Form

Saat ini Online

We have 46 guests and no members online

SMA YPK Dominasi Juara OSN, FLS2N, O2SN. (Juara Umum OSN yang ke-10 kalinya )

tim OSN 2013 SMA YPK

Untuk meningkatkan sekaligus mengukur kualitas pendidikan, Dinas Pendidikan Kota Bontang menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba. Setidaknya ada empat jenis ajang prestasi diselenggarakan nyaris bersamaan pada Maret-April 2013 ini, yakni Duta Baca, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN), dan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kegiatan ini berjenjang hingga nasional bahkan internasional. 

Sesuai dengan mottonya “SMA YPK Home Base-nya Para Juara”, SMA YPK kembali mendominasi ajang prestasi bergengsi tersebut. Total medali yang diperoleh SMA YPK adalah 12 medali emas, 9 perak, dan 13 perunggu. Dalam OSN, SMA YPK memboyong 5 medali emas, 4 perak, dan 4 perunggu. Hal ini menjadikan SMA YPK kembali juara Umum OSN yang ke-10 kalinya. Medali emas diraih oleh: Fikrohul Hasbi Abdillah bidang Kimia, Aldy Triawan bidang Biologi, Yoanes Kevin Gratianus bidang Ekonomi, dan Nadya Riska Hayuningtiah bidang Astronomi. Untuk bidang Kebumian, SMA YPK menyapu bersih tiga medali sekaligus. Medali Emas diraih Karin Pinta Auliya. Hingga saat ini, Supriyanto, guru pembimbing OSN Kebumian, juga masih konsentrasi menyiapkan muridnya, Tamara Qonita, untuk ajang Olimpiade Kebumian tingkat Internasional di India. Ketua Tim OSN, Samsul Bahri, menyatakan bahwa perlu keseriusan semua pihak untuk mendapatkan dan mempertahankan juara umum ini.

Dalam FLS2N, SMA YPK meraih 4 medali emas, 2 perak, dan 5 perunggu. Medali emas diraih pada bidang Baca Puisi oleh Verra Candra Terrakota, Drama/Teater oleh Elrey Al Habib dkk, Desain Poster Putri oleh Salsabila N.R., dan Kriya Putri oleh Paramitha Nur Lalily. Butuh totalitas terarah untuk berseni dengan baik, “ ungkap Parjoto, pembimbing Drama dan Puisi. Selaras dengan itu, Choirul Abidin, koordinator FLS2N, menyatakan bahwa persiapan dan perhatian segenap elemen terkait menentukan kesuksesan FLS2N. 

Dalam bidang olah raga, SMA YPK memiliki potensi yang patut diperhitungkan. Saryadi, koordinator O2SN SMA YPK, mengungkapkan bahwa kedisplinan menjadi kunci utama keberhasilan O2SN. “Olah raga bukan hanya sebatas ilmu pengetahuan, tetapi perlu diterapkan yang berefek positif pada kesehatan, perilaku sportif, bahkan prestasi gemilang,” jelasnya. Dalam O2SN 2013 ini, SMA YPK berhasil meraih 8 medali. Medali emas diraih oleh Fadhil Rahman Siregar dalam bidang Lompat Jauh.

Sebelum kegiatan tersebut, Perpustakaan Daerah Bontang juga menyelenggarakan Lomba Duta Baca pada 27 Maret 2013. Dalam lomba ini, peserta melakukan tiga kegiatan, yakni resensi buku, presentasi hasil, dan wawancara. SMA YPK meraih juara I oleh Abri Dealdi Pratama dan Juara III oleh Agustine Herini Tita H. Prestasi ini sama dengan yang diperoleh tahun 2012. Menurut guru pembimbing, Ismiarni, kegiatan ini penting untuk meningkatkan minat baca pelajar yang terbilang rendah. Dalam bidang Agama, SMA YPK juga memperoleh medali perunggu dalam FLS2N dan Juara II, III dalam MTQ Bontang.

“Perlu persiapan dan perhatian lebih baik lagi untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini,” kata Drs. Rakim, M.Pd, kepala SMA YPK. Senada dengan hal ini, Pak Jojok, Ketua Harian YPK, juga siap memberikan dukungan penuh demi kemajuan pendidikan Yayasan Pupuk Kaltim. Ia mengucapkan terima kasih atas dedikasi segenap pihak guru, karyawan, dan murid. (aim)