UNIT-UNIT

Mitra / Kerjasama

Login Form

Saat ini Online

We have 52 guests and no members online

beasiswa-2015

DAFTAR PENERIMA BEASISWA

SMA YAYASAN PUPUK KALTIM

 

Berikut ini kami sampaikan nama-nama yang lulus dalam program Beasiswa SMA Yayasan Pupuk Kaltim:

1.     FITRIANI RAHAYU
2.     FISCA RIANA SARI
3.     TIARA APRILIAWATI PUTRI
4.     MASRIFAH ISMI MASTIA
5.     QURROTUL AINI FITRIA SARI


Demikian kami sampaikan, segala keputusan dan ketetapan sekolah tidak dapat diganggu gugat.

Trimakasih.

 

  • Kepada siswa yang lulus beasiswa SMA YPK Bontang supaya hadir bersama orang tua untuk melakukan wawancara pada Jumat, 27 Feb 2015 Jam 14.00-selesai di SMA YPK.

SMA YPK Dominasi Juara OSN, FLS2N, O2SN. (Juara Umum OSN yang ke-10 kalinya )

tim OSN 2013 SMA YPK

Untuk meningkatkan sekaligus mengukur kualitas pendidikan, Dinas Pendidikan Kota Bontang menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba. Setidaknya ada empat jenis ajang prestasi diselenggarakan nyaris bersamaan pada Maret-April 2013 ini, yakni Duta Baca, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN), dan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kegiatan ini berjenjang hingga nasional bahkan internasional. 

Sesuai dengan mottonya “SMA YPK Home Base-nya Para Juara”, SMA YPK kembali mendominasi ajang prestasi bergengsi tersebut. Total medali yang diperoleh SMA YPK adalah 12 medali emas, 9 perak, dan 13 perunggu. Dalam OSN, SMA YPK memboyong 5 medali emas, 4 perak, dan 4 perunggu. Hal ini menjadikan SMA YPK kembali juara Umum OSN yang ke-10 kalinya. Medali emas diraih oleh: Fikrohul Hasbi Abdillah bidang Kimia, Aldy Triawan bidang Biologi, Yoanes Kevin Gratianus bidang Ekonomi, dan Nadya Riska Hayuningtiah bidang Astronomi. Untuk bidang Kebumian, SMA YPK menyapu bersih tiga medali sekaligus. Medali Emas diraih Karin Pinta Auliya. Hingga saat ini, Supriyanto, guru pembimbing OSN Kebumian, juga masih konsentrasi menyiapkan muridnya, Tamara Qonita, untuk ajang Olimpiade Kebumian tingkat Internasional di India. Ketua Tim OSN, Samsul Bahri, menyatakan bahwa perlu keseriusan semua pihak untuk mendapatkan dan mempertahankan juara umum ini.

Dalam FLS2N, SMA YPK meraih 4 medali emas, 2 perak, dan 5 perunggu. Medali emas diraih pada bidang Baca Puisi oleh Verra Candra Terrakota, Drama/Teater oleh Elrey Al Habib dkk, Desain Poster Putri oleh Salsabila N.R., dan Kriya Putri oleh Paramitha Nur Lalily. Butuh totalitas terarah untuk berseni dengan baik, “ ungkap Parjoto, pembimbing Drama dan Puisi. Selaras dengan itu, Choirul Abidin, koordinator FLS2N, menyatakan bahwa persiapan dan perhatian segenap elemen terkait menentukan kesuksesan FLS2N. 

Dalam bidang olah raga, SMA YPK memiliki potensi yang patut diperhitungkan. Saryadi, koordinator O2SN SMA YPK, mengungkapkan bahwa kedisplinan menjadi kunci utama keberhasilan O2SN. “Olah raga bukan hanya sebatas ilmu pengetahuan, tetapi perlu diterapkan yang berefek positif pada kesehatan, perilaku sportif, bahkan prestasi gemilang,” jelasnya. Dalam O2SN 2013 ini, SMA YPK berhasil meraih 8 medali. Medali emas diraih oleh Fadhil Rahman Siregar dalam bidang Lompat Jauh.

Sebelum kegiatan tersebut, Perpustakaan Daerah Bontang juga menyelenggarakan Lomba Duta Baca pada 27 Maret 2013. Dalam lomba ini, peserta melakukan tiga kegiatan, yakni resensi buku, presentasi hasil, dan wawancara. SMA YPK meraih juara I oleh Abri Dealdi Pratama dan Juara III oleh Agustine Herini Tita H. Prestasi ini sama dengan yang diperoleh tahun 2012. Menurut guru pembimbing, Ismiarni, kegiatan ini penting untuk meningkatkan minat baca pelajar yang terbilang rendah. Dalam bidang Agama, SMA YPK juga memperoleh medali perunggu dalam FLS2N dan Juara II, III dalam MTQ Bontang.

“Perlu persiapan dan perhatian lebih baik lagi untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini,” kata Drs. Rakim, M.Pd, kepala SMA YPK. Senada dengan hal ini, Pak Jojok, Ketua Harian YPK, juga siap memberikan dukungan penuh demi kemajuan pendidikan Yayasan Pupuk Kaltim. Ia mengucapkan terima kasih atas dedikasi segenap pihak guru, karyawan, dan murid. (aim)

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Serius Mengantarkan Siswa Kuliah

sma ypk

BONTANG – Adalah salah satu komitmen Yayasan Pupuk Kaltim mengantarkan siswa-siswinya hingga ke Perguruan Tinggi favorit pilihannya. Pemetaan, strategi, pendampingan, hingga penandatanganan kerja sama perguruan tinggi dilakukan. Setidaknya lebih dari 10 Perguruan Tinggi Negeri favorit didatangkan ke Yayasan Pupuk Kaltim. Hampir seluruh PTN yang datang mengirimkan para professor dan doctor terbaiknya, bahkan tiga PTN favorit yang datang langsung Rektor-nya. Sekolah, siswa dan orang tua mendapatkan informasi yang lengkap dan utuh. Hal ini sudah lama menjadi program YPK untuk memberikan layanan maksimal mengantarkan siswanya ke Perguruan Tinggi Negeri favorit sesuai dengan potensi, peluang, dan cita-cita anak dan orang tuanya.

Sebelumnya, Manajemen SMA Pupuk Kaltim berkunjung ke PTN-PTN tujuan kuliah siswa. UNPAD, IPB, ITB, UGM, UNPAD, ITS, UNAIR, UB, dan beberapa PTN telah didatangi. Tentu saja, PTN di wilayah Kalimantan seperti UNMUL Samarinda dan UNLAM Banjarmasin. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, hal ini disambut positif oleh PTN-PTN tersebut. Untuk menguatkan jalinan komunikasi dan kerja sama, SMA YPK mengundang PTN-PTN itu bertandang ke SMA YPK. “Hal ini kami lakukan untuk sebagai layanan terbaik. Target kami 85% diterima di PTN,” kata Ketua YPK, Tedy Nawardin.

Sejak kelas X, siswa SMA YPK dibimbing agar mendapatkan jurusan yang tepat di kampus pilihan. Pemetaan melalui tes psikologi dilakukan. Penjurusan di kelas XI juga didasarkan pada cita-cita, potensi, dan komptensi siswa. Saat kelas XII, bimbingan pemilihan jurusan, pengarahan perguruan tinggi, dan strategi-strategi jitu dilakukan sekolah bersama siswa dan orang tuanya. “Bila ingin masuk PTN dan jurusan favorit, SMA YPK dapat menjadi sekolah pilihan yang tepat,” kata Drs. Rakim, M.Pd, kepala SMA YPK. “Sukses masuk jurusan favorit di PTN favorit itu bukan hanya akademik saja yang disiapkan, tetapi perlu strategi yang tepat, “ tandas Rakim yang juga kepala Asosiasi Kepala Sekolah Swasta Bontang. (aim)

 

tabel beberapa rektor yang telah berkunjung ke Yaysan Pupuk Kaltim .

No.

Kampus

Tim Universitas

1.

UNEJ

(Universitas Jember)

  1. Rokhani, SP., M.Si (Kepala Humas & Protokol)

  2. Drs. Sudarko, Ph.D (Kepala UPT TI)

  3. Mohammad Sabar, SE (Registrasi & Statistik)

2.

UNLAM

(Univ. Lambung Mangkurat)

  1. Prof. Dr. Sutarto Hadi (PR IV)

  2. Prof. Dr. H.M. Hadin Muhjad, SH, M.Hum (PR I)

  3. Dra. Hj. Noor Fitriyani Kusasi (Ka BAAK)

  4. Dra. Rusmilawati (Pendidikan & Kerjasama)

3.

UNPAD

(Univ. Padjajaran)

  1. Ramdan Panigoro (Dir. Kerjasama))

  2. Dr. Eni Mayani, M.Si

  3. Dr. Susane Dida, MM

  4. Nindi Aristi, S.Sos., M. Commn

  5. Tri Damayanti, S.Sos., M.Psi

4.

UNPAD

Rektor UNPAD, Prof. Ganjar Kurnia

5.

POLINEMA

(Poltek Neg. Malang)

  1. Imam Mulyono, SE, M.Si

6.

UGM

(Univ. Gajah Mada)

  1. Dr. Sri Peni Wastutinngsih (Dir. Akademik)

  2. Agus (Sekdir)

  3. Sri Haryanti, S.Pd., M.Pd

7.

UNSOED

(Univ. Soedirman)

  1. Prof.Dr.Ir. Mas Yedi Sumaryadi, MS (PR I)

  2. Ir. Budi Rustomo, M.Rur.Sc, Ph.D (PR IV)

  3. M. Andi (Dekan Fisipol)

8.

IPB

(Inst. Pertanian Bogor)

  1. Dr. Ir. Ibnul Qoyim

  2. Ribka

9.

UB

(Univ. Brawijaya)

  1. Ir. Pudji Usmanto (Kasubag Kerjasama)

10.

ITS (Surabaya)

Direktur dan Tim PMB

11.

UNDIP Semarang

(Univ. Diponegoro)

Pembantu Rektor I dan Tim

12.

UNS (Solo)

Univ. Neg. Surakarta

Tim PMB

13.

ITB

Direktur Pendidikan dan Tim PMB

Perubahan Jadwal Pelaksanaan UN SMA 2013 (update)

 

Sesuai dengan pemberitahuan resmi dari Ka Balitbang atas persetujuan Mendikbud, maka pelaksanaan Ujian Nasional SMA digeser menjadi Kamis (18/04) s.d. Selasa (23/04) dgn perubahan jadwal sbb:

No Hari / Tanggal Mata pelajaran
1 Kamis, 18 April 2013 Kimia / Sosiologi
Biologi / Geografi
2 Jumat , 18 April 2013 Matematika
3 Senin, 22 April 2013 Bahasa Indonesia
4 Selasa, 23 April 2013 Fisika / Ekonomi
Bahasa Inggris


jadwal masih mungkin ada perubahan. tetap update informasi.

Tetap semangat dan tetap optimis. :)  

HUT YPK : "30 Tahun YPK Menyinarkan"

Logo hut YPK 30 by Nurintas Sekarsari

  23 Februari 1983 silam, YPK didirikan demi kualitas pendidikan generasi. 30 tahun YPK telah menorehkan berbagai prestasi, baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional, bahkan international. YPK telah mendidik, membimbing, dan mengantarkan siswanya secara berkesinambungan mulai dari TK hingga masuk PTN terbaik pilihannya. Hingga saat ini bertabur alumni YPK berkiprah turut membangun negeri. Terlebih di Bontang Kalimantan Timur, alumni YPK terbukti memberikan arti mulai dari dokter, tenaga kesehatan, pilot, pegawai bank, kontraktor, berbagai perusahaan manufaktur dan jasa, polisi, militer, pegawai negeri, pendidik hingga pengusaha. Guru tetap guru yang tak lekang waktu untuk terus berbagi ilmu. YPK tetap YPK yang terus memberikan layanan terbaiknya.

YPK berupaya menjamin kualitas pendidikan secara berkesinambungan; TK hingga SMA. Memang, berbagai lembaga pendidikan lain berdiri sebagai suatu kewajaran atas tuntutan zaman. YPK tetap berkomitmen untuk total mendidik berkesinambungan. Guru berkualitas direkrut, dibina, dan dimaksimalkan. Guru YPK yang berkarakter dan berpengalaman terus bersinergi mengawal mutu. Program-program berkualitas dirancang, dikawal, dievaluasi, diperbaiki, dan disinergi. Infrastruktur dan layanan prima diprioritaskan demi kualitas. YPK total mendidik.

Meski tidak diembel-embeli nama agama, YPK  memperhatikan, menekankan, dan menerapkan pendidikan dan nila-nilai agama. Kita akan menyaksikan siswa memenuhi musholla sholat dhuha di sela-sela istirahatnya tanpa suruhan apalagi paksaan.Pun jamaah Dhuhur. Pun demikian dengan ibadah agama lain. TK hingga SMA akan menyalami dan mencium tangan guru saat pembelajaran atau berpapasan. Kejujuran, integritas, sudah menjadi trade mark dan budaya yang terlestarikan.

 Walau tidak mencantumkan nama teknologi, YPK terus memberikan pelayanan berbasis teknologi terkini. Mulai dari sistem informasi, pembelajaran, soal, hingga remidiasi telah dapat terkoneksi dengan jaringan internet Wifi di setiap lokasi. Kompetensi komputer siswa YPK diharapkan minimal setara D-II.

Biarpun tidak disematkan kata unggulan, YPK selalu berupaya memberikan prestasi tertinggi dan tetap menjadi yang terbaik.  Bukan akademik saja yang berprestasi, berbagai minat dan bakat, dan olah raga teranugerahi prestasi hingga tingkat nasional. Pun demikian dengan kecerdasan spiritual, YPK telah dan tetap memberi arti yang berarti. Berdasarkan data yang ada, YPK telah menjadi lembaga dengan prestasi terbanyak nasional, baik siswa maupun gurunya. Sudah 9 kali YPK dianugerahi juara umum OSN di kotanya. Lebih dari satu kali OSN tembus tingkat internasional. Kepala Sekolah dan beberapa guru di YPK didaulat sebagai guru dan kepala sekolah berprestasi nasional.

Pada usia ke-30 ini, YPK memperingati dengan intropeksi. Dengan mngingatkan semua elemen yang terkait dengan YPK. YPK bukan sekedar mencari, tetapi lebih pada memberi. YPK bukan fokus pada bersolek dan bersinar diri, tetapi lebih pada menyinarkan dan menyinari.

Ir. Nugroho P. Sambodo, Ketua Harian YPK, menegaskan bahwa YPK terus berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan prima. “Bagi kami, layanan prima dan berkualitas adalah prioritas,” tegasnya.

“Di usianya kini, Kami berharap YPK senantiasa dirahmati dan diridhoi sehingga tidak akan didholimi, terlebih oleh mereka yang tidak memahami,” kata Maskut, S.Pd selaku ketua Panitia HUT YPK yang juga ketua KK YPK.  YPK akan menyelenggarakan upacara dan silaturrahmi HUT YPK pada 23 Februari 2013. Esok  paginya (24/2/2013) dilanjutkan dengan jalan sehat seluruh keluarga besar Yayasan Pupuk Kaltim.(aim)