UNIT-UNIT

Mitra / Kerjasama

Login Form

Saat ini Online

We have 70 guests and no members online

“Merlion “ Kunjungi SD-2 YPK Bontang

“Merlion“ Kunjungi SD-2 YPK Bontang

 

Rombongan guru dan siswa-siswi Boon Lay Garden Primary School of Singapore (BLGPS) mengadakan kegiatan Immersion Program 2011 dengan mengunjungi SD-2 Yayasan Pupuk Kaltim (SD-2 YPK) Bontang dan ikut dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) yang berlangsung dari tanggal 15 November sampai dengan tanggal 17 November 2011. Rombongan guru dan siswa-siswi BLGPS tersebut bertolak dari Singapura sejak tanggal 14 November 2011 dan tiba di Bontang pada tanggal 15 November 2011.

Rombongan tersebut terdiri dari 23 siswa (Kelas 4, 5, dan 6), Kepala Sekolah Bapak Wan Imran Mohd. Woojdy, Wakil Kepala Sekolah Ibu Sng Wong Ching Yee, dan 3 orang guru yakni Bapak Muhammad Fadhylla, Ibu Turinadevi Devarajan, dan Bapak Zulkarnain. 23 siswa tersebut akan mengikuti PBM di kelas 6 sebanyak 6 siswa, kelas 5 sebanyak 6 siswa, dan kelas 4 sebanyak 11 siswa. Adapun PBM yang diikuti adalah Sains, Matematika, Ketrampilan, Karawitan, Rampak Kendang, Daur Ulang Kertas, dan Membatik. Rombongan tersebut juga akan mengikuti Plant Tour ke Pabrik PT. Pupuk Kaltim dan City Tour ke Kota Bontang.

Kegiatan Immersion Program 2011 oleh BLGPS ini merupakan rangkaian kegiatan dari Learning Journey SD-2 YPK yaitu Singapore Trip yang dilaksanakan pada Bulan January 2011 lalu. Dalam kegiatan tersebut tercapailah kesepakatan kerjasama antar dua sekolah berbeda budaya dan negara ini. Kerjasama itu diwujudkan dalam suatu Nota Kesepahaman (MoU) kedua sekolah untuk dapat saling bertukar pemahaman silang budaya (Cross Cultural Understanding), kurikulum, dan pedagogi.

Penandatanganan MoU tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bontang, Drs. Bambang C.M., dan Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar, Sunarya, yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Bontang, Ketua Yayasan Pupuk Kaltim, Komite Sekolah, Kepala Sekolah di lingkungan YPK dan Wakil Orang Tua Kelas (WOTK) serta guru-guru dan staf SD-2 YPK dan beberapa siswa duta sekolah.

Dalam sambutannya, Drs. Bambang C.M. menyampaikan apresiasi yang mendalam atas terlaksananya kegiatan ini dan berharap agar apa yang telah dilakukan oleh SD-2 YPK ini dapat dijadikan contoh dan diikuti oleh sekolah-sekolah yang lain sehingga Bontang Cerdas akan dapat tercapai dan semakin meningkatnya kualitas pendidikan di Kalimantan Timur khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman (MoU) antara SD-2 YPK dan BLGPS ini, maka SD-2 YPK menjadi sekolah dasar pertama yang mengadakan kerja sama internasional dengan sekolah dasar di luar negeri (baca: Singapura, ini berdasarkan data yang ada di KBRI di Singapura). Hal ini diharapkan dapat membawa nama baik bagi Kalimantan Timur pada umumnya dan SD-2 YPK dan YPK khususnya. (Ernie)