UNIT-UNIT

Mitra / Kerjasama

Login Form

Saat ini Online

We have 64 guests and no members online

YPK Memberikan Beasiswa bagi Siswa Baru

Yayasan Pupuk Kaltim Memberikan Beasiswa

bagi Siswa Baru”

 

Demikian diungkapkan oleh Ketua Harian Yayasan Pupuk Kaltim Bontang (YPK) Ir. Nugoroho, P.S. saat ditanya berkaitan dengan Penerimaan Siswa Baru Tahun 2012 sekolah-sekolah yang ada di bawah naungan YPK. Beasiswa itu akan diperuntukkan bagi calon siswa baru yang tidak mampu tetapi berprestasi baik pada tingkat TK, SD, SMP maupun SMA. Selain itu masih ada stimulasi lain berupa penurunan Biaya Institusi Pendidikan (BIP) sebanyak 15% dan 30% dibandingkan dengan tahun lalu. Penurunan 15% diperuntukkan bagi calon siswa yang orang  tuanya bekerja di PT Pupuk Kaltim dan 30% diperuntukkan bagi calon siswa yang berasal dari masyarakat luas.

Selain itu Nugroho menambahkan bahwa TK, SD, SMP dan SMA YPK akan terus memantapkan program-program unggulannya yang telah dilakukan selama ini. Untuk tingkat TK dan SD akan dimantapkan lagi pendidikan karakter. Pendidikan agama juga mendapatkan porsi yang lebih banyak dibandingkan dengan yang telah ditetapkan pada kurikulum yang standar, walaupun sekolah-sekolah tersebut bukan sekolah khusus agama. Program kelas aksel SD yang tahun-tahun sebelumnya dimulai di kelas tiga, untuk tahun ini akan dimulai dikelas satu. Untuk diketahui bersama bahwa program kelas aksel ini untuk mewadahi siswa-siswa yang mempunyai bakat istimewa dengan IQ di atas 130. Siswa-siswa tersebut dimanajemeni secara khusus sehingga mampu menyelesaikan pendidikannya di SD hanya 5 tahun saja.

Untuk tingkat SD masih ada program unggulan yang lain yaitu Kelas Model. Kelas Model adalah kelas yang dalam pembelajarannya menggunakan multimedia dan multimetode secara optimal. Di kelas ini pelajaran bahasa Inggris mendapat porsi yang lebih banyak yaitu 8 jam/minggu, sedangkan untuk kelas reguler hanya 3 jam/minggu. Dan bahasa pengantar dalam PBM menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Secara berkala kelas ini mendatangkan native speaker sehingga siswa akan bisa secara langsung mendengar dan berkomunikasi dengan penutur aslinya. Selain itu, Qiroati dan bimbingan agama (untuk yang nonmuslim) juga mendapat porsi yang lebih. Demikian pula dengan kesenian, di kelas ini dibekali dengan  kegiatan ekstrakurikuler rampak kendang, karawitan, teater dan vokal group. Dengan itu semua diharapkan kompetensi siswa kelas model dalam domain kognitif, psikomotorik dan afektif berkembang seimbang.

Program Sister School juga juga sudah dimulai tahun ini dengan menggandeng Boon Lay Garden Primary School of Singapore (BLGPS). Melalui program ini maka kedua sekolah dasar ini dapat saling bertukar pemahaman silang budaya (Cross Cultural Understanding), kurikulum, dan pedagogi. Dan yang tak kalah pentingnya adalah program kunjungan atau studi banding atarkedua sekolah tersebut sehingga masing-masing mengetahui langsung dan mengetahui persis keunggulan dan kelemahannya. Beberapa waktu yang lalu siswa dan guru SD-2 YPK telah berkunjung ke sekolah tersebut di Singapura. Kunjungan tersebut juga sudah dibalas dengan kunjungan guru dan siswa sekolah tersebut ke SD-2 YPK.

Untuk tingkat di atasnya, SMP dan SMA YPK sudah berkualifikasi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Sekolah RSBI adalah Sekolah Standar Nasional Plus. Plusnya adalah bahwa PBM-nya menggunakan Information and Communication Technologies (ICT) dan bahasa asing (Inggris) sedangkan kurikulumnya mengadopsi dan mengadaptasi kurikulum sekolah negara maju. Untuk RSBI SMP YPK sedang berjalan pada tahun kedua, sedangkan SMA YPK sedang berjalan pada tahun ketiga.

Di samping itu SMA YPK juga masih dalam proses mendapatkan ISO 9001:2008, IWA 2:2007. ISO Sekolah adalah istilah yang digunakan untuk penerapan ISO 9001-2008  atau Sistem Manajemen Mutu  Berstandar Internasional di sekolah. Sekolah yang telah mendapatkan ISO 9001 berarti sekolah sebagai organisasi atau lembaga yang mengeluarkan produk berupa jasa layanan pendidikan telah memiliki standar manajemen mutu yang memenuhi persyaratan internasional.

Berkaitan dengan persiapan tahun pelajaran 2012, Nugroho menjelaskan bahwa sekolah-sekolah (TK, SD, SMP dan SMA) YPK sudah membuka pendaftaran siswa baru yang dimulai pada tgl. 22 Desember 2011 dan ditutup pada 26 Januari 2012. Pengumuman akan dilakukan pada 27 Januari dan pendaftaran ulang dilakukan pada 30 s.d. 31 Januari 2012. Persyaratan selengkapnya bisa dilihat di masing-masing sekolah. Sedangkan khusus untuk SMA YPK persyaratan bisa dilihat di web SMA YPK (http://www.smaypkbontang.sch.id/) dan pendaftaran secara online. (eh)