UNIT-UNIT

Mitra / Kerjasama

Login Form

Saat ini Online

We have 56 guests and no members online

SMA YPK Bontang Meraih ISO 9001

SMA YPK Bontang Meraih Sertifikasi ISO 9001:2008

 

“Setelah kami asesmen selama dua hari ini, maka sekolah saudara dinyatakan lulus dengan nol temuan. Tidak ditemukan minor, apalagi mayor observasi,” demikian ungkap Bapak Swasto Marganto, asesor dari IAPMO R&T di ruang multi media SMA YPK. Maka gemuruhlah tepuk tangan seluruh guru, karyawan dan manajemen SMA dan pengurus  YPK sebagai ungkapan kebahagiaan.

Pada closing meeting yang dilaksanakan pada Jumat (24/2) itu juga disampaikan bahwa hasil ini segera disampaikan ke ANAB. ANAB adalah sebuah lembaga sertifikasi ISO yang berkedudukan di Amerika Serikat. IAPMO R&T yang mengasesmen SMA YPK adalah afiliasi dari lembaga tersebut.

Pada kesempatan yang sama konsultan dari Allsys Solution yang membimbing SMA YPK untuk mendapatkan sertifikasi ini, Bapak Rachmat Hasnan, juga menyampaikan bahwa untuk mendapatkan sertifikasi ISO lebih mudah dibandingkan mempertahankannya. Oleh sebab itu agar semangat dan kerja sama tim tetap dipertahankan. “Kedepan, setiap 6 bulan sekolah ini akan diaudit untuk memastikan bahwa sistem dan prosedur kerja yang telah diterapkan tetap dijalankan. Dan nanti setelah 3 tahun sekolah ini akan direasesmen.” ungkapnya. Ditambahkannya bahwa bila dalam 6 bulan ternyata ada prosedur kerja yang tidak dilaksanakan maka sertifikat itu akan ditahan dan akan dikembalikan lagi bila sudah ada perbaikan.

ISO adalah singkatan dari International Organization for Standardization. ISO Sekolah adalah istilah yang digunakan untuk penerapan ISO 9001:2008  atau sistem manajemen mutu  berstandar internasional di sekolah. Sekolah yang telah mendapatkan ISO 9001 berarti sekolah sebagai lembaga yang mengeluarkan produk berupa jasa layanan pendidikan telah memiliki standar manajemen mutu yang memenuhi persyaratan internasional.

Pada kesempatan terpisah Wakasek Kurikulum SMA YPK, Suraji K.S, M.Pd. menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dilakukannya asesmen ISO ini adalah sebagai tuntutan bagi SMA YPK sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Selain itu juga untuk memastikan bahwa penjaminan mutu yang telah dicanangkan akan terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan persiapan untuk mendapatkan ISO sudah dimulai pada September 2011 hingga menjelang diasesmen. Bimbingan oleh konsultan sebanyak empat kali kunjungan, kemudian dilakukan audit internal yang dilakukan oleh konsultan. Dan puncaknya adalah dilakukannya audit eksternal oleh asesor dari IAPMO R&T. (eh)