UNIT-UNIT

Mitra / Kerjasama

Login Form

Saat ini Online

We have 53 guests and no members online

HUT YPK : "30 Tahun YPK Menyinarkan"

Logo hut YPK 30 by Nurintas Sekarsari

  23 Februari 1983 silam, YPK didirikan demi kualitas pendidikan generasi. 30 tahun YPK telah menorehkan berbagai prestasi, baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional, bahkan international. YPK telah mendidik, membimbing, dan mengantarkan siswanya secara berkesinambungan mulai dari TK hingga masuk PTN terbaik pilihannya. Hingga saat ini bertabur alumni YPK berkiprah turut membangun negeri. Terlebih di Bontang Kalimantan Timur, alumni YPK terbukti memberikan arti mulai dari dokter, tenaga kesehatan, pilot, pegawai bank, kontraktor, berbagai perusahaan manufaktur dan jasa, polisi, militer, pegawai negeri, pendidik hingga pengusaha. Guru tetap guru yang tak lekang waktu untuk terus berbagi ilmu. YPK tetap YPK yang terus memberikan layanan terbaiknya.

YPK berupaya menjamin kualitas pendidikan secara berkesinambungan; TK hingga SMA. Memang, berbagai lembaga pendidikan lain berdiri sebagai suatu kewajaran atas tuntutan zaman. YPK tetap berkomitmen untuk total mendidik berkesinambungan. Guru berkualitas direkrut, dibina, dan dimaksimalkan. Guru YPK yang berkarakter dan berpengalaman terus bersinergi mengawal mutu. Program-program berkualitas dirancang, dikawal, dievaluasi, diperbaiki, dan disinergi. Infrastruktur dan layanan prima diprioritaskan demi kualitas. YPK total mendidik.

Meski tidak diembel-embeli nama agama, YPK  memperhatikan, menekankan, dan menerapkan pendidikan dan nila-nilai agama. Kita akan menyaksikan siswa memenuhi musholla sholat dhuha di sela-sela istirahatnya tanpa suruhan apalagi paksaan.Pun jamaah Dhuhur. Pun demikian dengan ibadah agama lain. TK hingga SMA akan menyalami dan mencium tangan guru saat pembelajaran atau berpapasan. Kejujuran, integritas, sudah menjadi trade mark dan budaya yang terlestarikan.

 Walau tidak mencantumkan nama teknologi, YPK terus memberikan pelayanan berbasis teknologi terkini. Mulai dari sistem informasi, pembelajaran, soal, hingga remidiasi telah dapat terkoneksi dengan jaringan internet Wifi di setiap lokasi. Kompetensi komputer siswa YPK diharapkan minimal setara D-II.

Biarpun tidak disematkan kata unggulan, YPK selalu berupaya memberikan prestasi tertinggi dan tetap menjadi yang terbaik.  Bukan akademik saja yang berprestasi, berbagai minat dan bakat, dan olah raga teranugerahi prestasi hingga tingkat nasional. Pun demikian dengan kecerdasan spiritual, YPK telah dan tetap memberi arti yang berarti. Berdasarkan data yang ada, YPK telah menjadi lembaga dengan prestasi terbanyak nasional, baik siswa maupun gurunya. Sudah 9 kali YPK dianugerahi juara umum OSN di kotanya. Lebih dari satu kali OSN tembus tingkat internasional. Kepala Sekolah dan beberapa guru di YPK didaulat sebagai guru dan kepala sekolah berprestasi nasional.

Pada usia ke-30 ini, YPK memperingati dengan intropeksi. Dengan mngingatkan semua elemen yang terkait dengan YPK. YPK bukan sekedar mencari, tetapi lebih pada memberi. YPK bukan fokus pada bersolek dan bersinar diri, tetapi lebih pada menyinarkan dan menyinari.

Ir. Nugroho P. Sambodo, Ketua Harian YPK, menegaskan bahwa YPK terus berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan prima. “Bagi kami, layanan prima dan berkualitas adalah prioritas,” tegasnya.

“Di usianya kini, Kami berharap YPK senantiasa dirahmati dan diridhoi sehingga tidak akan didholimi, terlebih oleh mereka yang tidak memahami,” kata Maskut, S.Pd selaku ketua Panitia HUT YPK yang juga ketua KK YPK.  YPK akan menyelenggarakan upacara dan silaturrahmi HUT YPK pada 23 Februari 2013. Esok  paginya (24/2/2013) dilanjutkan dengan jalan sehat seluruh keluarga besar Yayasan Pupuk Kaltim.(aim)