Bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.  Setelah liburan puasa dan hari raya Idul Fitri, murid-murid kembali hadir di sekolah langsung disambut dengan gegap gempita perayaan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 69.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada banyak kegiatan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah lingkup Yayasan Pupuk Kaltim, tak terkecuali di PG-TK YPK yang kali ini mengadakan pawai Merah Putih mengelilingi lingkungan sekolah hingga komplek perumahan BTN PKT.

Lalu kegiatan dilanjutkan di areal lingkungan belajar yang asri di kompleks YPK BTN PKT

 

Ajang pemilihan Guru Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2014 telah berakhir.  Pada tahun ini YPK berhasil mengirimkan dua orang Guru mewakili Provinsi  Kalimantan Timur untuk maju ke ajang ini.  Kedua orang tersebut yakni Bapak Drs. H. Tarjono, MM selaku Kepala SD-1 YPK dan Permabhakti, MPd sebagai Guru SMP. Setelah melalui serangkaian proses seleksi yang ketat di Jakarta, akhirnya Bapak Permabhakti, MPd. berhasil meraih juara I Guru Berprestasi Tingkat Nasional dari Jenjang SMP.

Gambar:  Permabhakti (kiri) pemenang I Guru Berprestasi Nasional Tingkat SMP tahun 2014

Sukses ini seolah menjadi tradisi YPK untuk melahirkan Juara-juara Nasional, setelah tahun sebelumnya juga mengirimkan dua guru yakni Bapak Suyoto, MPd selaku Kepala SD-2 YPK dan Supriyanto, MPd. selaku guru kelas di SD-2 YPK mewakili Provinsi Kalimantan Timur pada Pemilihan Guru Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2013.   Pada kesempatan itu, Bapak Suyoto, MPd. berhasil keluar sebagai juara II Kepala SD Berprestasi Tingkat Nasional.

Gambar: Bapak Suyoto, MPd. menerima hadiah dari Mendikbud

Masih dari ajang yang sama, Pada tahun 2011,  salah seorang guru YPK juga berhasil meraih Juara II Kepala SMA Berprestasi tingkat Nasional, atas nama Bapak Drs. H. Rakim, MPd, Kepala SMA YPK.

Gambar: Bapak Drs. H. Rakim, MPd, Kepala SMA YPK berpose dei depan gedung DPR/DPD/MPR RI

Masih dibawah kepemimpinan Bapak Rakim, pada Tahun 2014 ini SMA YPK juga berhasil meraih predikat sebagai Juara III Lomba Sekolah Sehat Nasional.

Tradisi juara ini Juga seolah melengkapi rekam jejak YPK selaku yayasan yang memiliki SDM unggul dan berpengalaman juara nasional.  Pada Tahun 2010, melalui Bapak Ismuji, SPd Guru Matematika SMA YPK, provinsi Kaltim Mendapatkan predikat Juara II Guru Berprestasi Tingkat Nasional Jenjang SMA.  Bapak Ismuji ini, selalin berhasil mendapat penghargaan sebagai guru berprestasi, tahun-tahun sebelumnya selalu menjadi Juara dalam Pembuatan Media Pembelajaran berbasis TIK.  oleh karenanya, beliau diangkat sebagai fasilitator/instruktur tetap dalam berbagai kesempatan pelatihan TIK yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA Kemdikbud.

Gambar: Bapak Ismuji, SPd.  Guru Matematika SMA YPK dalam kesempatan lawatan ke Korea Selatan

Jauh sebelum capaian prestasi-prestasi tersebut, tonggak awal dari pengghargaan Predikat Guru Bresprestasi Nasional pertama kali dicapai oleh Ibu Sri Rahayu, SPd. yang pada tahun 2002 berhasil menjadi Juara I Guru Berprestasi Tingkat Nasional jenjang SD.

 

Gambar:  Ibu Sri Rahayu, SPd. (kiri) Guru SD-2 YPK

 

Tanggal 7 Juli 2014 merupakan awal Tahun Pelajaran 2014/2015 bagi seluruh sekolah di bawah naungan Yayasan Pupuk Kaltim.  SMA YPK lebih awal memulai kegiatan ini dengan mengadakan Program Internalisasi Studi bagi peserta didik baru pada tanggal 16 – 21 Juni 2014, sementara SMP YPK mengadakan Masa Orientasi Siswa pada tanggal 23 - 26 Juni 2014.

 

Pada Tahun Pelajaran 2014/2015 Yayasan Pupuk Kaltim akan terus menjalankan beberapa program sebagai berikut;

1.         Pendidikan TK berbasis pendidikan karakter dengan sistem sentra belajar

2.         Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SD kelas I, II, IV dan V

3.         Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SMP kelas VI dan VIII

4.         Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SMA kelas X dan XI dengan program pilihan bidang MIA (matematika dan ilmu alam) serta bidang IIS (ilmu-ilmu sosial)

5.         Program percepatan belajar (akselerasi/cepat istimewa berbakat istimewa) di SD-1 YPK

6.         Program kelas model (berbasis ICT, Sains dan Bahasa Inggris) di SD-2 YPK

7.         Program pertukaran budaya/belajar (immersion programe) di SD-2 YPK

8.         Program sekolah unggulan di SMP YPK

9.         Program sekolah unggulan di SMA YPK

10.     Program Kemitraan dengan Perguruan Tinggi Negeri oleh SMA YPK

 

Beberapa persiapan yang dilakukan oleh Yayasan dalam mempersiapkan tahun pelajaran 2014/2015 sudah dilakukan sejak lama, diantaranya;

1.         Program Penerimaan Peserta Didik Baru yang dimulai pada bulan Januari 2015

2.         Pelatihan Kurikulum 2013 untuk guru-guru sasaran dari SLB, SD-1, SD-2, SMP dan SMA YPK

3.         Workshop Guru Kelas TK, SD-1 dan SD-2 YPK

 

4.         Lokakarya internal unit-unit sekolah untuk persiapan tahun pelajaran 2014/2015

YPK layak bersyukur atas anugerah yang diberikan atas upaya-upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan. Setelah dianugerahi kelulusan 100% dengan hasil sangat baik (24/5/2013), SMA Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) dianugerahi prestasi gemilang lagi dengan diterimanya 124 siswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat Jalur Undangan (28/5/2013). Hal ini disambut dengan rasa syukur oleh segenap civitas YPK, sekaligus dijadikan motivasi untuk terus melakukan perbaikan.

Di antara 124 siswa SMA YPK itu, ada 6 siswa yang diterima jalur international. Sebagian besar, siswa diterima di Universitas Gajah Mada (UGM), sebanyak 47 siswa. Siswa diterima di Universitas Brawijaya (UB) sebanyak 27 siswa. Lainnya tersebar di berbagai PTN favorit lainnya seperti UI, ITB, IPB, UNDIP, UM, dll. Ditinjau dari jurusan, jurusan terbanyak adalah bidang teknik-teknologi, yakni 22 siswa. Di bidang ekonomi, seperti akuntansi, sebanyak 21siswa. Adapun di bidang kedokteran, diterima sebanyak 11 siswa; dan di jurusan favorit lainnya.

Jalur undangan ini merupakan jalur pertama seleksi masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes. Seleksi dilakukan melalui nilai siswa sejak kelas X. PTN tidak akan begitu saja percaya dan menerima nilai-nilai yang dikirimkan sekolah. Analisis, riset, dan pemantauan tentunya dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan. Prestasi dan rekam jejak sekolah juga menjadi pertimbangan utama bagi perguruan tinggi dalam menyeleksi siswa. Dari tahun ke tahun, siswa SMA YPK diterima di PTN terus meningkat secara signifikan. Kerja sama dan kepercayaan PTN terhadap YPK semakin meningkat seiring dengan keseriusan YPK terhadap komitmen budaya mutu. Tahun ini, SMA YPK mentargetkan setidaknya 80% siswanya diterima di PTN favorit. Untuk itu, hingga saat ini SMA YPK masih terus memberikan bimbingan belajar terhadap siswanya pasca-UN. Hal ini dilakukan dengan bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar terkemuka di Indonesia sesuai dengan harapan dan pilihan siswa. Harapannya, siswa SMA YPK siap menghadapi jalur tes seleksi masuk PTN sehingga bisa diterima dengan benar.

“Ingin masuk PTN favorit? SMA YPK siap mengantarkannya,” kata Drs. Rakim, M.Pd, kepala SMA YPK, saat ditanya kiatnya. Hal ini memang diprogramkan SMA YPK sejak siswanya kelas X melalui berbagai perlakuan. Bimbingan, arahan, hingga strategi yang baik benar dilakukan dengan serius. Guru-guru terbaik diberikan amanah dengan tugas dan evaluasi yang jelas sesuai dengan kompetensinya. Yayasan juga semakin berbenah untuk fokus pada kompetensi inti yayasan, yakni guru sebagai pelaku utama pendidikan. “Kami terus mengupayakan pendidikan terbaik dan nilai-nilai luhur bagi siswasiswi YPK,” kata Ir. Jojok Wiro Harjoso, MBA, ketua Harian YPK.

Keseriusan jajaran manajemen dan dan tenaga pengajar di SMA YPK untuk mengantarkan siswa untuk di terima di perguruan tinggi negeri favorit mulai menapakkan hasil. Berdasarkan pengumuman resmi dari paniti seleksi SNMPTN 2013 yang di rilis di halaman www.snmptn.ac.id mulai tanggal 27 mei 2013 jam 16.00, tercatat idak kurang dari 119 siswa SMA Yayasan Pupuk kaltim yang diterima di perguruan tinggi pilihannya. Tentunya jumlah ini akan bertambah seiring dengan di bukanya jalur penerimaan masuk perguruan tinggi negeri yang lain semisal SBPTN dan lain-lain.

Selamat kepada siswa-siswi yang sudah lulus seleksi, dan bagi yang belum tetap semangat, masih banyak jalur menuju jurusan di perguruan tinggi negeri yang di inginkan.
daftar siswa yang telah lolos seleksi per 27 Mei 2013 dapat dilihat disini

Selamat Datang

LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI YePeKa

Ketika YPK membuat angket kepuasan orang tua siswa maupun siswa tentang layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, pada umumnya  responden agak kesulitan menjawab karena belum tahu persis bagaimana seharusnya layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Orang tua ataupun siswa biasanya menganggap peran guru bimbingan dan Konseling  adalah menangani siswa yang bermasalah saja, padahal tugas dan peran guru Bimbingan dan Konseling bukan hanya menyelesaikan masalah siswa yang bermasalah.

Berikut sedikit informasi tentang Bimbingan dan Konseling di sekolah :

Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan bagian integral dari sistem pendidikan di sekolah, dalam upaya membantu siswa agar mencapai perkembangan yang optimal, sesuai dengan potensinya.                                                                     

Secara khusus layanan BK diarahkan untuk membantu siswa agar berkembang menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, kreatif, produktif dan berperilaku jujur. Jadi, jika guru BK dapat berperan  sesuai fungsi ini, maka guru tersebut sangat berkontribusi terhadap pembentukan karakter. Meskipun tentu saja pembentukan karakter siswa bukan hanya tugas guru BK.

Layanan BK ditujukan pada 4 aspek perkembangan siswa, yaitu:

  1. Aspek pribadi, layanan  BK ditujukan agar  siswa memiliki pemahaman diri, rasa percaya diri, harga diri, rasa tanggung jawab dan mampu membuat keputusan secara bijak.
  2. Aspek sosial, layanan BK ditujukan untuk membantu siswa mengembangkan hubungan antarpribadi , menghormati orang lain dan memiliki rasa tanggung jawab sosial kemasyarakatan .
  3. Aspek pembelajaran, layanan BK ditujukan untuk membantu siswa agar menemukan cara belajar yang efektif dan dapat mencapai prestasi belajar sesuai dengan kemampuan dasarnya.
  4. Aspek perkembangan karier, layanan BK ditujukan untuk membantu siswa mengenal ciri-ciri berbagai pekerjaan dan profesi yang ada, serta merencanakan karier berdasarkan minat dan kemampuannya.

Ada 7 jenis layanan BK yang harus dilaksanakan di sekolah:

  1. Layanan orientasi, ditujukan kepada siswa baru atau siswa pindahan untuk memeahami situasi sekolah dan lingkungannya. Orientasi dapat mencakup pengenalan  terhadap program sekolah, kurikulum, pola pembelajaran dan evaluasi yang berlaku di sekolah, fasilitas dan cara penggunaannya, serta hal-hal lain yang diperkirakan perlu dipahami oleh  siswa baru.
  2. Layanan informasi, dimaksudkan untuk membantu siswa mendapatkan informasi yang diperlukan.
  3. Layanan pembelajaran, ditujukan untuk membantu siswa mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik.
  4. Layanan penempatan dan penyaluran, ditujukan untuk membantu siswa dalam penjurusan, memperoleh kegiatan ekstrakurikuler  yang sesuai, serta mendapatkan jurusan di perguruan tinggi atau lapangan kerja yang sesuai dengan minat dan bakat serta kepribadian siswa.
  5. Layanan konseling perorangan, ditujukan untuk membantu siswa secara individu , khususnya mereka yang mengalami masalah, misalnya problem dengan orang tua dan teman. Layanan diarahkan untuk memecahkan masalah dan tidak untuk menyalahkan siswa.
  6. Layanan bimbingan kelompok, ditujukan untuk pemecahan masalah umum (masalah pribadi ), misalnya masalah ketertiban, ujian dan sebagainya.

Seringkali layanan BK membuat siswa takut atau malu, sehingga jarang siswa yang atas kemauan sendiri datang dan berkonsultasi dengan guru BK.

Agar siswa merasa bahwa guru BK sebagai sahabat untuk curhat dan tempat berkonsultasi, maka guru BK yang baik adalah guru yang:

  • Dapat bergaul akrab dengan siswanya dan memakai “bahasa“ mereka (di YPK guru BK masuk kelas selama 35 menit/minggu).
  • Mau mendengarkan pendapat maupun keluhan siswa dan meghindari memberikan perintah.
  • Menghindari kesan menggurui tetapi lebih banyak berdiskusi secara bebas dan santai.
  • Menyediakan berbagai informasi yang diperlukan siswa dalam bentuk tertulis, agar mudah didapat.
  • Memiliki waktu yang terjadwal untuk memberikan layanan individu dan kelompok .
  • Membuat program yang diperlukan oleh siswa pada umumnya.

Nah, setelah mendapat sedikit informasi tentang bagaimana seharusnya Layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, harapan penulis, orang tua/siswa dapat memberikan pendapat sejauh mana layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah-sekolah YPK.

Dengan adanya feed back dari orang tua/siswa, guru BK akan bekerja lebih optimal, sehingga manfaatnya bisa lebih dirasakan oleh pengguna jasa dalam hal ini tentu saja orang tua dan siswa YPK.

Referensi :

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI : 1966. Petunjuk teknis Pengelolan    Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Depdikbud.
Widodo dan Nur Hidayah.1977. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Jakarta .Dit.Dikmenum
Departemen Pendidikan Nasional .Panduan Manajemen Sekolah

Additional information