SEKILAS INFO
: - Jumat, 12-04-2024
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Yayasan Pupuk Kaltim, Pelopor Sekolah Umum Religius. SEMOGA PANDEMI COVID-19 SEGERA BERLALU DARI BUMI INI, SEHINGGA KITA DAPAT BERJUMPA LAGI DI SEKOLAH
Gagas Program Ocean Cleaning, Siswa SMP YPK Raih Juara 1 Duta Peduli Sampah Tahun 2022

Abdillah Fatta. siswa SMP Yayasan Pupuk Kaltim Kelas 9 unjuk gigi di bidang lingkungan. Perhatian terhadap penanganan sampah di wilayah pesisir, mampu mengantarkan dirinya terpilih menjadi juara 1 Duta Peduli Sampah 2022.

Abdillah Fatta Juara 1 Duta Peduli Sampah Bontang 2022

Duta Peduli Sampah ini, merupakan prestasi perdana dirinya di bidang lingkungan.

Tumbuh besar di pesisir serta dukungan dari sekolah ypk rupanya menarik minatnya untuk peduli terhadap lingkungannya. Tak disangka walaupun usianya terbilang muda, yakni 15 tahun. Fatta mampu mencuri nilai dari para dewan juri melalui program Ocean Cleaning.

Abdillah Fatta Juara 1 Duta Peduli Sampah Bontang 2022 (kiri) dan M.Saldan 12 besar finalis Duta Peduli Sampah Bontang 2022 (kanan)

Anak seorang nelayan dari pasangan Arting dan Suriani ini sekaligus siswa smp ypk, yakin melalui program Ocean Cleaning dapat memberikan edukasi ke warga pesisir untuk tak membuang sampah ke laut dan mau bergerak bersama dalam aksi bersih laut.

Ketika wilayah pesisir bersih dari sampah, maka ekosistem laut juga menjadi terjaga. Otomatis hasil tangkapan nelayan pun bisa meningkat.

“Program Ocean Cleaning ini yang saya mau berikan kepada warga dan aksi nyata agar wilayah pesisir menjadi bersih dan ekosistem laut menjadi baik,” kata Fatta saat ditemui usai grand final pemilihan Duta Peduli Sampah, di Pendopo, Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Jalan Awang Long, Bontang Utara, Sabtu (26/2/2022).

Pengalaman dan penghargaan ini coba ia terapkan di sekolahnya. 

Saat ini Fatta yang duduk sebagai pelajar Kelas 9 di SMP Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) Bontang bakal memberikan penyuluhan tentang gerakan peduli sampah, seperti pemilahan sampah organik, anorganik dan sampah B3.

Pemilahan sampah ini dikatakan sangat penting, sebelum masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Sejatinya penanganan sampah ini harus perlu disadarkan dari lingkungan sekolah, agar di lingkungan sekitar dapat diterapkan,” ungkapnya.

Sementara, Juri sekaligus founder peduli sampah Muhammad Syaiful menuturkan pemilihan duta sampah ini telah dilakukan sejak 2018 lalu. 

Saat ini telah melakukan lima kali pemilihan Duta Peduli Sampah.

Selama 4 hari sebelum acara grand final, sebanyak 12 finalis di karantina untuk pembekalan mengenai pengelolaan sampah di Homestay Labuan Kopi, Tanjung Laut Indah.

Harapannya, melalui Duta Peduli Sampah ini  generasi muda dapat memberikan perhatiannya terhadap kebersihan lingkungan.

“Target kami memang menjaring generasi muda sejak mereka duduk dibangku SMP hingga SMA,” tandasnya. 

Sumber : https://newsbontang.com/gagas-program-ocean-cleaning-abdillah-fatta-raih-gelar-duta-peduli-sampah-2022-bontang

TINGGALKAN KOMENTAR

Video Terbaru