SEKILAS INFO
: - Jumat, 12-08-2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Yayasan Pupuk Kaltim, Pelopor Sekolah Umum Religius. SEMOGA PANDEMI COVID-19 SEGERA BERLALU DARI BUMI INI, SEHINGGA KITA DAPAT BERJUMPA LAGI DI SEKOLAH
Guru dan Karyawan SMA YPK Tour Tambang ke PT Indominco Mandiri (IMM)

Menambang merupakan aktivitas yang begitu melekat di tanah Kalimantan Timur. Salah satunya adalah menambang batu bara. Banyak sekali perusahan tambang di Kalimantan Timur ini apabila kita lihat dari potret pertambangan di Indonesia.

Berdekatan dengan Kota Bontang, PT Indominco Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam dunia pertambangan batu bara di Kalimantan Timur. Batu bara yang dihasilkan juga nantinya akan didistribusikan untuk bahan pembangkit listrik negara sendiri, maupun yang lainnya. Dengan site office tepatnya berada di Jalan Poros Bontang-Samarinda, Kecamatan Teluk Pandan, Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Dalam rangka memperkenalkan implementasi dari Good Mining Practice perusahaan, PT Indominco Mandiri (IMM) pada kesempatan ini (Sabtu, 23 Juli 2022) mengundang Guru dan Karyawan SMA YPK untuk berkunjung dan berkeliling di area tambang perusahaan. 

Namun, sebelum memasuki area pertambangan diberikan pengarahan terlebih dahulu oleh pendamping dan diminta untuk menggunakan atribut safety yang telah dipersiapkan perusahaan sebelumnya. Pendamping juga menyampaikan bahwa keselamatan tamu dan pekerja di sini itu penting, maka dari itu harus diutamakan. Atribut safety tersebut berupa rompi, helm, dan sepatu.

Setelah menyimak pengarahan dari pendamping dan menggunakan atribut lengkap untuk keselamatan, Guru dan Karyawan SMA YPK dibawa menuju lokasi pertama dengan menggunakan bus beserta pendampingan dari karyawan PT Indominco. Site visit pertama adalah Point View Pit 19A, di sana para guru dan karyawan diajak untuk melihat area tambang yang besar dan galian yang dalam disertai dengan kendaran-kendaraan besar mengangkut batu bara maupun material lainnya. Tidak jauh dari lokasi tersebut, guru karyawan diajak pula melihat area tambang yang telah direklamasi.

Perjalanan dilanjutkan menuju lokasi Coal Processing Plant 3 (CPP3) untuk melihat proses pengecilan ukuran batu bara hasil penambangan dan juga memilah batu bara berdasarkan kualitas serta kelasnya. Tampak di area tersebut terdapat alat pengecilan batu bara yang besar disertai dengan raungan mesin yang sedang bekerja. Batu bara yang telah dikecilkan tampak menggunung di area tersebut untuk kemudian diangkut oleh truk menuju pelabuhan.

Lalu, guru dan karyawan diajak menuju kawasan hijau Arberotum 30 Gemilang untuk menyusuri hutan dan rehat sembari mendengarkan pemaparan dari pendamping terkait dengan hutan tersebut. Lokasi ini adalah salah satu hasil dari reklamasi dan revegetasi yang telah dilakukan oleh PT Indominco untuk menjadikan hutan asri kembali. Tidak hanya menyusuri hutan, guru dan karyawan juga diajak untuk menanam pohon di dalam hutan tersebut yang telah dipersiapkan oleh pendamping. Penanaman pohon ini termasuk usaha dari PT Indominco dalam melestarikan hutan kembali dan ekosistem di dalamnya.

Keluar dari hutan, guru dan karyawan menuju lokasi berikutnya yaitu Site Nursery. Di dalamnya terdapat bibit-bibit tanaman yang dibudidayakan oleh PT Indominco guna nantinya ditanam kembali untuk mendukung reklamasi dan revegetasi. Pembibitan dengan alat modern dan canggih pun ada di nursery tersebut untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas nantinya.

Dekat dengan lokasi nursery, guru dan karyawan melanjutkan perjalanan ke lokasi area reklamasi berikutnya yaitu Arboretum Kanahuang. Hutan ini juga terdapat pohon-pohon besar di dalamnya. Pohon yang besar ini menjadi ikonis di hutan tersebut. Setiap pohon pun diberi nama oleh PT Indominco guna mengedukasi para tamu.

Lokasi terakhir adalah Danau Kanahuang yang juga lokasinya berdekatan dengan Arboretum Kanahuang. Di lokasi ini guru dan karyawan telah disiapkan hidangan makan siang sambil menikmati sejuknya udara hutan sekitar dan gemercik air danau. Setelah makan siang selesai, dilanjutkan dengan diskusi dan pemaparan materi oleh PT Indominco terkait dengan Good Mining Practice yang telah diimplementasikan oleh perusahaan.

Good Mining Practice yang dipaparkan oleh pihak PT Indominco ini guna mengedukasi masyarakat, dalam hal ini Guru dan Karyawan SMA YPK yang nantinya akan disampaikan kembali kepada peserta didik untuk menambah wawasan terkait dengan penambangan yang baik itu seperti apa. Pemaparan tersebut meliputi proses operasional penambangan dari tahap eksplorasi endapan deposit mineral yang dilakukan dengan studi kelayakan (feasibility study) dan berakhir pada tahap reklamasi serta revegetasi lahan pascatambang.

Dijelaskan pula tentang operasi penambangan yang dilakukan perusahaan tidak serta merta hanya mengupas tanah penutup, mengambil bahan galian, dan membiarkan begitu saja. Namun, operasi penambangan yang baik juga turut mementingkan kesejahteraan lingkungan dan alam maupun kesehatan serta keselamatan penduduk lokal.

Di penghujung diskusi, Kepala SMA YPK, Ismuji, S.Pd. dalam sesi terakhir ini menyampaikan terima kasih atas undangan dari PT Indominco Mandiri untuk kesempatannya dapat berkunjung dan belajar mengenai tambang batu bara. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi sekolah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Video Terbaru