SEKILAS INFO
: - Minggu, 26-09-2021
  • 7 bulan yang lalu / Selamat Datang di Website Yayasan Pupuk Kaltim, Pelopor Sekolah Umum Religius. SEMOGA PANDEMI COVID-19 SEGERA BERLALU DARI BUMI INI, SEHINGGA KITA DAPAT BERJUMPA LAGI DI SEKOLAH
Kegiatan Ujian Sekolah Tatap Muka, SMP YPK Terapkan Protokol Kesehatan yang Ketat

SMP YPK – Kegiatan ujian sekolah tatap muka telah dilakukan mulai Kamis, 8 sampai dengan 12 April 2021 mendatang. Menghadapi hal ini SMP Yayasan Pupuk Kaltim telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal tersebut mengacu pada Surat Edaran (SE) dari Dinas Pendidikan Kota Bontang Nomor 420/0351/Dikbud 02 tanggal 22 Maret 2021.

Pada SE tersebut, jadwal ujian sekolah kelas 9 meliputi 4 bidang studi yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris yang dilakukan secara online dan tetap dilakukan secara tatap muka di sekolah. Sementara, untuk bidang studi Pendidikan Agama, PKn, IPS, Prakarya, Seni Budaya dan PJOK akan dilaksanakan online dari rumah masing-masing.

Kepala Sekolah SMP YPK Sinto, S.Pd, menuturkan bahwa dalam menindaklanjuti SE tersebut, sekolah telah membuat protokol kesehatan pelaksanaan Ujian Sekolah Bersama (USB) secara tatap muka di sekolah, dan menyiapkan skenario pelaksanaan USB.

“Langkah-langkah yang dilakukan sekolah adalah membuat permohonan izin dan konsultasi dari pihak Yayasan Pupuk Kaltim dengan Tim Covid-19 PT Pupuk Kaltim dengan mempertimbangkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan kesiapan sekolah,” ujarnya, Kamis (08/04/2021).

Dalam pelaksanaan USB tatap muka di sekolah, lanjutnya, Tim Covid-19 PT Pupuk Kaltim merekomendasikan kegiatan UTBK SMA dan Ujian Sekolah SD-SMP YPK melalui surat Nomor 023130/D/SM/D23500/ET/2021 tertanggal 30 Maret 2021 yang ditujukan kepada Ketua Harian Yayasan Pupuk Kaltim.

“Sehubungan pelaksanaan USB tatap muka merupakan tanggung jawab bersama antara sekolah, yayasan, orang tua, dan Pemerintah Kota Bontang dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang, maka sekolah juga meminta Surat Persetujuan Orang Tua melalui Google Form,” terangnya.

Dia berharap, pelaksanaan USB berjalan dengan lancer, semoga ini menjadi menentum pembelajaran tatap muka di sekolah di tahun ajaran baru yang akan datang. Pada dasarnya guru, siswa sudah rindu dengan sekolah.

“Pembelajaran tatap muka secara pribadi lebih baik karena pendidikan karakter dan hubungan siswa dan guru terjalin. Kendati demikian, pembelajaran Jarak jauh (PJJ) juga memberikan alternatif solusi dan memberikan warna dalam dunia pendidikan yang perlu dikembangkan”

“USB bukan hanya sekedar ujian terkait kompentensi siswa yang mengukur pengetahuan saja, tapi yang lebih penrting adalah bagian pembelajaran kehidupan. Pada kahirny kelak menjadi kunci sukses di masa yang akan datang. Bukan sekedar nilai saja tetapi yang lebih penting adalah nilai-nilai kehidupan. Semoga Semuanya memperoleh hasil terbaik, sehat dan pandemi ini segera berlalu”, pungkasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Video Terbaru