SEKILAS INFO
: - Kamis, 08-12-2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Yayasan Pupuk Kaltim, Pelopor Sekolah Umum Religius. SEMOGA PANDEMI COVID-19 SEGERA BERLALU DARI BUMI INI, SEHINGGA KITA DAPAT BERJUMPA LAGI DI SEKOLAH
Pelantikan Penegak Bantara Pramuka SMA YPK Tahun 2022/2023

Penegak Bantara adalah suatu tingkatan Syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana. Golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU), Penegak Bantara belum dianggap sebagai Pramuka Penegak dan masih disebut sebagai “Tamu Ambalan” atau “Tamu Penegak”.

Sabtu & Minggu, 1 s.d. 2 Oktober 2022 Dewan Ambalan AM Parikesit Junjung Buih, Gugus Depan 03.001-03.002 Pangkalan SMA Yayasan Pupuk Kaltim mengadakan pelantikan kepada kakak-kakak calon bantara yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) untuk menjadi bantara. Kegiatan pelantikan bertempat di SMA YPK, Acara Expo di Koperasi Karyawan PKT, dan Taman Cibodas.

Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib dilaksanakan guna untuk melanjutkan kepengurusan kakak-kakak bantara sebelumnya serta untuk melanjutkan tugas pokok dewan ambalan sekaligus sebagai proses penyelesaian kecakapan umum tingkat penegak bantara. Perlu diketahui untuk mengikuti pelantikan penegak bantara ini, para calon sebelumnya telah menyelesaikan berbagai tugas yang termuat dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU) penegak bantara, yang terdiri dari 5 unsur pengembangan yaitu Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakasek Kesiswaan yaitu Agus Srihono, M.Pd. yang mewakili Kepala Sekolah SMA YPK, Pembina Ekstrakurikuler Pramuka SMA YPK yaitu Kak Misbahul Munir, M.Pd. dan Kak Apriyanto, pendamping terdiri dari Kak Kartika dan Kak Zuhrotul Jannah, anggota pramuka kelas 11 dan 12, serta anggota calon bantara yang akan dilantik.

Hari pertama dimulai sore hari, dengan mendirikan tenda, dilanjutkan ISHOMA, materi, kemudian malamnya pukul 21.00 – 02.00 adalah jurit malam. Masuk hari kedua, pukul 02.00 – 05.00 kegiatannya adalah berlayar ke pulau kapuk. Kemudian, pukul 05.00 – 05.20 sholat subuh bagi yang muslim. Pelantikan dilaksanakan pukul 07.00 dan dibuka langsung oleh Wakasek Kesiswaan Agus Srihono, M.Pd. dengan melantik 22 siswa dalam kegiatan tersebut.

Turut hadir pula para purna ambalan dengan senantiasa memberikan doa dan bantuan sehingga kegiatan pelantikan pramuka penegak bantara ini berjalan dengan sukses dan terarah ditandai dengan selalu menunjukkan solidaritas dan loyalitas dalam setiap kegiatan pramuka SMA Yayasan Pupuk Kaltim.
Diharapkan, dengan adanya kakak-kakak anggota baru penegak bantara, kakak-kakak bisa mengemban amanah yang telah diberikan dan menjadikan ekstrakurikuler pramuka menjadi organisasi yang semakin maju dan berkembang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Video Terbaru