SEKILAS INFO
: - Kamis, 08-12-2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Yayasan Pupuk Kaltim, Pelopor Sekolah Umum Religius. SEMOGA PANDEMI COVID-19 SEGERA BERLALU DARI BUMI INI, SEHINGGA KITA DAPAT BERJUMPA LAGI DI SEKOLAH
SMP YPK Berpartisipasi dalam Kegiatan World CleanUp Day 2022

Pada hari Jumat, 23 September 2022, SMP Yayasan Pupuk Kaltim Bontang melaksanakan kegiatan Aksi Cinta Lingkungan. Kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan secara rutin satu bulan sekali, diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan. Pada kegiatan ini, seluruh warga sekolah secara gotong royong melaksanakan kegiatan kebersihan, penanaman dan pemeliharaan tanaman yang ada di lingkungan sekolah. Salah satu kegiatan pagi ini adalah memungut dan memilah sampah yang ada di lingkungan sekolah.

Kegiatan Aksi Cinta Lingkungan pada pagi hari ini bertepatan dengan acara “World Clean Up Day 2022” dengan tema kegiatan “Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah”. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bontang, pagi ini melaksanakan Aksi Bersih Serentak di lingkungan masing-masing. Aksi ini dimaksudkan  untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya sikap peduli terhadap lingkungan hidup dengan melaksanakan pengelolaan sampah, limbah, bahan berbahaya dan beracun.

            Kegiatan ini sejalan dengan “8 Cinta dan 10 Character Building” yang dibangun di SMP Yayasan Pupuk Kaltim. Kegiatan “Aksi Cinta Lingkungan” sebagai pengejawantahan Cinta terhadap Alam dan Insan Kamil. Insan Kamil adalah program habituasi yang dirancang sekolah untuk mengamalkan pemahaman siswa terhadap ajaran agama (Al-Qur’an dan Sunnah/Kitab Suci) secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Harapan dari kegiatan ini, siswa SMP Yayasan Pupuk Kaltim mempunyai jiwa dan hati yang peduli. Peduli terhadap diri sendiri, sesama manusia, dan alam. Siswa yang mempunyai sikap, tindakan, dan perbuatan yang selaras dengan alam sekitarnya. Mereka menyadari sepenuhnya bahwa alam sudah memberikan yang terbaik untuk kehidupan umat manusia. Adapun yang lebih penting dari kegiatan ini, adalah terbangunnya sebuah kesadaran pada diri siswa tentang pentingnya pengelolaan dan pemanfaatan alam secara bijak, serta pelestarian alam untuk kehidupan generasi mendatang. Siswa yang aktif di masyarakat dalam kegiatan pengelolaan lingkungan hidup. Dalam keseharian, mereka mempunyai kesadaran terhadap kebersihan dan kerapian di lingkungan tempat tinggal masing-masing, minimal bertanggung jawab terhadap kerapian tempat tidur mereka.

Kegiatan ini sejalan dengan Visi Pendidikan Indonesia yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, pada Demensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia pada elemen Akhlak Kepada Alam. Sebagai bagian dari lingkungan, Pelajar Pancasila mengejawantahkan akhlak mulianya dalam tanggung jawab, rasa sayang, dan peduli terhadap lingkungan alam sekitar. Pelajar Pancasila menyadari bahwa dirinya adalah salah satu di antara bagian-bagian dari ekosistem bumi yang saling memengaruhi. Ia juga menyadari bahwa sebagai manusia, ia mengemban tugas dalam menjaga dan melestarikan alam sebagai ciptaan Tuhan. Hal tersebut membuat ia menyadari pentingnya merawat lingkungan sekitar sehingga ia menjaga agar alam tetap layak dihuni oleh seluruh makhluk hidup saat ini maupun generasi mendatang. Ia tidak merusak atau menyalahgunakan lingkungan alam, serta mengambil peran untuk menghentikan perilaku yang merusak dan menyalahgunakan lingkungan alam. Pelajar Pancasila juga senantiasa reflektif, memikirkan, dan membangun kesadaran tentang konsekuensi atau dampak dari perilakunya terhadap lingkungan alam. Kesadarannya ini menjadi dasar untuk membiasakan diri menerapkan gaya hidup peduli lingkungan, sehingga ia secara aktif berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan

2 komentar

Sinto, Jumat, 23 Sep 2022

Keren.. inspiratif! Sebuah ikhtiar pembangunan karakter murid yang wajib ditiru

Balas

Sinto, Jumat, 23 Sep 2022

Kesangat insspiratif! Sebuah pembangunan karakter murid yang wajib ditiru dan dikembangkan

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Video Terbaru